nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

ASEP NILAM SUBANG 19 TAHUN PENYULINGAN

Nilanews.com_ “Hidup bermanfaat bagi orang lain” merupakan motto kehidupan Ilahiyah yang pantas dialamatkan untuk seorang H. Asep Kurnia Muhtar yang dikenal dengan panggilan Asep Nilam.

“Asep Nilam” bukan sekedar nama melainkan tradmark seperti merk produk populer lainnya, demikian juga dengan “Asep Nilam,” dikenal sebagai penggiat dunia pertanian berbasis penyulingan, “nilam, serai wangi, kunyit, pala, cengkih, laja, jahe dan lain-lain bisa disuling dan pasar ekspornya masih luas, malahan produksinya yang masih kekurangan. Karena itu, sementara ini menjalankan ekspor masih ikut ke orang lain disebabkan kapasitas produksi yang belum memadai untuk melakukan ekspor sendiri,” kata Asep optimis suatu saat bisa melakukan ekspor sendiri.

Bantuan berupa bibit pernah diberikan oleh Pemerintah, sedangkan dari Pemrov dan Pemkab Subang sekarang ini belum ada bantuan untuk memperkuat kapasitas produksi masyarakat.

Bi Nina, DPRD Jabar Fraksi NasDem, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan selama sembilan belas tahun oleh Asep Nilam, “banyak masyarakat yang telah terbantu, karena usaha seperti itu pasti melibatkan masyarakat pedesaan. Saatnya Pemerintah serius mendorong ekonomi pedesaan agar tumbuh subur sehingga potensi yang langka tersebut hisa terus bertahan di era global.”

bi Nina Nurhayati, DPRD Jabar Fraksi NasDem

Dikatakan langka sebab menurut bi Nina, usaha sejenis pernah dilakukan orang lain di Kabupaten Subang, namun berakhir tidak berhasil, berbeda dengan Asep Kurnia Muhtar yang telah melambungkan namanya menjadi tradmark minyak atsiri yang bukan saja dikenal di Subang melihat pada tingkat regional nasional bahkan internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *