nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

BUPATI SUBANG : ALHAMDULILLAH TES SWAB BISA DI SUBANG

nilanews.com _ Kerja cepat Pemprov Jabar menghasilkan kegembiraan bagi dunia medis Subang khususnya dan masyarakat pada umumnya, dalam waktu hanya seminggu Balai Veteriner Subang sudah disetujui Pemerintah Pusat dan Dinkes Jabar untuk digunakan tes SWAB, tinggal menunggu MOU antara Balai dengan pihak Pemkab Subang, demikian informasi yang didapatkan dari Bupati Subang, Dirut RSUD dan Nina Nurhayati, anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai NasDem.

Tidak kalah cepatnya, sejalan dengan usulan Pemprov Jabar kepada Pemerintah, Kepala Balai Veteriner, drh. Sodirun, sudah selesai melakukan koordinasi dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, sepertinya gayung bersambut, Bupati menginginkan segera MOU, pihak Balai pun sudah siap. Sedangkan khusus untuk kebutuhan Balai, dikatakan drh. Sodirun, paling nanti jika sudah berjalan, untuk kontinuitas pengujian, diperlukan ketersediaan reagen kit uji, dan untuk itu Bupati Subang mengatakan seribu prosen kesiapannya dari sisi anggaran.

Bupati Subang tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada Kadinkes Jawa Barat atas kerja cepatnya dan sekaligus menyampaikan kesiapannya dari sisi anggaran untuk mendukung percepatan tes SWAB di Subang, juga kepada Kepala Balai Veteriner yang sama-sama telah melakukan kesiapan cepat untuk bangsa dan Negara, “hari ini (23/4/2020) mudah-mudahan bisa dilakukan MOU agar balai bisa segera digunakan tes SWAB, dan memang harus kerja secepatnya, kita tidak bisa menunda-nunda, maka hari ini saya perintahkan Kadinkes dan Dirut RSUD untuk segera membicarakan kesepakatan dengan pihak Balai! “ tegas Bupati.

Menanggapi perintah Bupati, Dirut RSUD mengatakan, hari ini (23/4/2020), dirinya bersama Kadinkes akan mengunjungi Balai guna membicarakan kesepakatan antara Balai dengan Pemkab Subang, “kalau telatnya besok hari MOU ditandatangani, maka diperkirakan minggu depan sudah bisa digunakan setelah Balai selesai mengadakan uji banding,” kata dr. Ahmad.

Sementara itu, NasDem dan PAN melakukan kerja bareng melakukan penelitian berkaitan dengan kesiapan RSUD dan PKM se Kabupaten Subang, sekaligus persiapan untuk kerja bareng jangka panjang, laporannya antara lain :

  1. Kebutuhan APD lengkap di RSUD dan PKM masih kekurangan, seperti ketersediaan masker N-95, masker medis, face shield, head cap, kacamata google, hazmat/cover all, sepatu boot, shoes cover, apron, sarung tangan steril dan sarung tangan non steril yang akan berpengaruh terhadap para petugas medis.
  2. Kebutuhan ruangan di RSUD masih ada kekurangan dan harus segera diperbaiki dan ditata penempatannya seperti ruang ganti steril, ruang ganti APD bekas pakai, kamar mandi RSUD, terutama di UGD keramiknya sudah retak-retak dan lepas, termasuk kebutuhan ruang sterilisasi APD bekas pakai yang akan berpengaruh besar terhadap keselamatan tenaga medis dan masyarakat.

Hasil Tim NasDem-PAN intinya menyampaikan BLOB, Benahi dulu tempatnya, Lengkapi perlengkapannya, Ongkosi petugas lapangannya, dan Berikan insentifnya. Kapan? Tanya petugas kesehatan di salah satu Puskesmas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *