nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

CATATAN MANG EEP HIDAYAT TENTANG RAKERNAS NASDEM 2022 DAN LEDAKAN YANG MENGHANCURKAN GUDANG SENJATA

nilanews.com_ Ada perbedaan mendasar antara Rakernas NasDem sebelumnya dibandingkan Rakernas NasDem 2022 terkait antusiasme peserta. Dalam Rakernas dan bahkan Munas sebelumnya terdengar beberapa kali panggilan terhadap peserta untuk segera masuk ruangan ditambah Garda yang berkeliling memberi tahu peserta bahwa acara akan segera dimulai. Pada Rakernas kali ini sangat berbeda, baik dalam ruangan bawah maupun ruangan atas JICC sejak awal pembukaan sampai penutupan peserta sudah berdesak-desakkan melakukan antrian sebelum pintu masuk dibuka panitia.

Tentu bagi aktifis yang telah berkecimpung lama dalam dunia kepartaian dan mengikuti Partai sejak kecil sampai menjadi besar merupakan hal yang sangat mengharukan dan dapat dirasakan sebagai tanda-tanda kebesaran, demikian pula terpancar dari mimik Ketua Umum NasDem saat awal sambutannya, dan memang terungkapkan juga oleh Surya Paloh tentang keharuan itu.

Tentu dari sekian acara yang digelar, sambutan Ketua Umum Partai NasDem yang paling dinantikan yaitu sambutan yang runtut, penuh semangat, membawa kader terasa menjadi sebuah keluarga besar, membawa kader mendalami ke-NasDem-an dan terkadang diselingi anekdot tingkat tinggi semisal menyinggung tentang Kepala Daerah yang diusung oleh NasDem tetapi hengkang begitu saja meninggalkan NasDem dan ditanggapi oleh Surya Paloh dengan ungkapan “nasibnya memang begini” yang membuat peserta Rakernas tertawa. Anekdot tingkat tinggi yang membuat suasana menjadi segar pun diungkapkan Surya Paloh dalam menghadapi stigma negatif terhadap Partai NasDem seperti tentang rilis survey yang senantiasa menempatkan NasDem diurutan bawah padahal NasDem dalam Pemilu 2019 ranking empat besar saat banyak diisukan sebagai Partai penista agama, dan untuk itu Surya Paloh mengeluarkan anekdot, “NasDem masih banyak stok senyumnya” yang akan membawa peserta Rakernas menghadapi berbagai tantangan dan rintangan dengan semangat dan senyuman.

Suasana kebatinan Rakernas merupakan pancaran suasana kebatinan NasDem secara keseluruhan, kemuliaan tujuan, gagasan, dan perjuangan yang dicita-citakan Ketua Umum menjadi pematri hati yang sangat menyejukan dan bahkan menjadi alat instrospeksi diri sampai-sampai terbersit dalam hati ada rasa ketidakpantasan berada dalam keluarga NasDem mengingat kebelummampuan memperjuangkan restorasi bagi kesejahteraan rakyat.

Seperti biasa sebagai refleksi Mars NasDem maka Rakernas menampilkan ragam budaya daerah sehingga terasa sampai ke relung hati tentang “Siapa Kita, Siapa Kita, Siapa Kita, Kita adalah Indonesia!”

Mungkin banyak yang menyangka bahwa oleh-oleh Rakernas adalah pengumuman bakal calon presiden dan antusiasme peserta disebabkan hal itu, ternyata bukan, karena walaupun tidak ada arahan Partai terkait aspirasi DPD dan DPW, tiga nama balonpres Anis, Andika dan Ganjar sudah menggema sebelumnya sebagai aspirasi arus bawah yang harus disuarakan DPD dan DPW NasDem. Tetapi oleh-oleh sebenarnya adalah tentang pidato Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang begitu runtut walaupun disampaikan secara singkat yaitu tentang apa, mengapa dan bagaimna Partai NasDem serta harapan besar bagi rakyat jika NasDem memenangkan Pemilu 2024.

Terus terang, penulis tidak mengklim bahwa tulisan ini sebagai abstraksi Rakernas Partai NasDem 2022 karena kesulitan merangkum kedalaman suasana kebatinan Rakernas, tetapi lebih terasa terangkum dalam kejiwaan yang mendalam tentang siapa kita dan harus bagaimana kita sebagai warga bangsa dalam mengartikulasikan dan merefleksikan nasionalisme yang sebenarnya.

Gudang Senjata Dihancurkan Sementara itu, perang antara Soviet dan Ukraina masih terus berlangsung sampai sekarang, bangunan dan gedung-gedung perkantoran dan fasilitas umum hancur, banyak jembatan yang dirubuhkan di Ukraina sehingga sulit mengevakuasi warga civil dan seiring dengan itu telah memunculkan pendapat agar PBB dibubarkan.

Kiriman senjata NATO yang terus berdatangan membantu Ukraina banyak yang dihancurkan peluru kendali soviet sehingga tergambar ledakan-ledakan di gudang-gudang senjata milik Ukraina dan perangpun belum menunjukkan ada tanda-tanda akan berakhir.

Akibat perang bukan saja secara ekonomi berpengaruh terhadap kedua Negara, melainkan berpengaruh juga terhadap dunia, Eropa dan Amerika mengalami inflasi eknomi, demikian juga akan berpengaruh besar terhadap kejatuhan ekonomi global secara keseluruhan (MANG EEP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.