nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

DPRD Subang Terima Audiensi Puluhan Kades

nilanews.com_ DPRD Kabupaten Subang kedatangan tamu puluhan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Subang,

Pengurus APDESI yang mewakili seluruh kepala desa di Kabupaten Subang dalam kesempatan tersebut menggelar audiensi bersama Komisi I DPRD Kabupaten Subang. Jumat (4/3/2022).

Audensi tersebut terkait usulan dari Pemerintahan Desa kepada unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Subang yang dirangkum dalam sebuah petisi.

Hadir dalam audiensi tersebut,Ketua DPRD Kabupaten Subang H. Narca Sukanda, Wakil Ketua DPRD Hj. Elita Budiarti, Ketua Komisi I Bambang Irmayana, para Anggota Komisi I Albert Anggara Putra dari PAN, Evi Nurapiah dari Partai PKS,Jaenal Mupid dari Partai Gerindra dan Sahroni dari Partai Gerindra.

Sedangkan dari unsur pemerintahan yang hadir pada kesempatan tersebut, Plt. Kadis Pemdes Dadan, Kapala BKAD Asep Saepul Hidayat yang didampingi Kabid Perbendaharaan Casari.

Sekretaris DPC APDESI Kabupaten Subang, Budi Santosa pada kesempatan tersebut menyampaikan beberapa poin usulan yang dibawa oleh para kepala desa.

“Kami atas nama DPC APDESI Subang dan juga mewakili para kepala desa se-Kabupaten Subang meminta pertama adanya alokasi Anggaran Rumah Tangga Kepala Desa, kedua besaran anggaran untuk ADD minimal 10 s/d 15 % dari APBD Kabupaten,” kata Sekretaris DPC APDESI Kabupaten Subang Budi Santosa.

Kemudian ketiga kepala desa meminta dilibatkannya dalam hal penyusunan Perda, keempat reses DPRD disinkronkan dengan hasil Musdes dan melibatkan unsur desa, kelima tujuan dan kewenangan DPRD dan Pemkab Subang untuk memperhatikan kesejahteraan desa, keenam DPRD Kabupaten Subang bisa membantu mengusulkan BOP penggunaan Dana Desa, ketujuh usulan pembagian besaran BHP (Bagi Hasil Pajak) sebesar dari APBD Kabupaten dan yang kedelapan DPRD Kabupaten Subang agar bisa menindaklanjuti Perpres No. 104. Permen Keu Nomor 5.33/PK/2022 tentang percepatan penyaluran BLT DD.

“Apabila desa tidak bisa menyerap BLT DD s/d 40 %, Bupati dalam hal ini untuk dapat mengeluarkan kewenangan/diskresinya untuk sisa anggaran yang dilaporkan melalui om-spam dikembalikan kepada desa untuk keperluan/kegiatan yang bermanfaat lebih besar bagi warga masyarakat desa.” jelasnya.

Sementara Komisi Satu DPRD yang membidangi Pemerintahan Desa menyatakan kesiapannya. “Kami siap mempasilitasi dan tentunya akan,kami sampaikan disaat paripurna bersama Pemerintahan Kabupaten Subang,” tuturnya.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang, Asep Saeful Hidayat, S.Si M.Ak. menyampaikan, bahwa apa yang disampaikan oleh APDESI akan disampaikan kepada pimpinan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.