nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

Gubernur Jabar Jangan Ingkar Janji, Terkait Pembangunan Jalan Lembang – Subang

SUBANG, Nilanews – Mantan Bupati Subang, dan juga Ketua DPD Subang, Mang Eep Hidayat menagih janji terhadap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Dia telah berjanji akan membangun jalan tembus, dari Cikole Lembang Bandung Barat-Ciater Subang.

Dan Eep juga menolak, pembangunan pelebaran jalan di sekitar Tanjakan Emen, jika itu sebagai solusi mengurai kemacetan, hal itu tidak menjadi solusi kemacetan, yang terjadi setiap libur akhir pekan, dan libur panjang.

“Saya mau menagih janji gubernur Jawa Barat, berjanji akan membangun jalan tembus dari Cikole Lembang Bandung Barat-Ciater Subang.  

Pelebaran jalan di Tanjakan Emen itu, saya rasa bukan solusi untuk mengurai kemacetan,” kata Eep kepada wartawan di Subang, Kamis (20/2/2020).

Jika pelebaran jalan di Tanjakan Emen itu selain untuk mengurai kemacetan antara Jalancagak-Ciater-Lembang Bandung Barat, sangat tidak tepat. Termasuk untuk meminimalisir kecelakaan maut yang sering terjadi di Tanjakan Emen, karena untuk mengantisipasi itu sudah ada jalur keselamatan.

Anggaran yang dikeluarkan oleh Pemprov Jabar itu sia-sia, tidak menjadi solusi untuk mengurai kemacetan yang terjadi selama ini.

Lanjut Mang Eep, yang  dibutuhkan masyarakat, khususnya pengguna jalan, dan pengelola objek wisata di Subang, jalan tembus yang dijanjikan Ridwan Kamil sebelumnya.

Namun menurutnya, yang jauh lebih efektif lagi, yang harus dilakukan oleh Gubenur Jabar, untuk mengurai kemacetan itu, alangkah baiknya dibangun Jalan Tol Bandung Subang.

“Seharusnya buatkan jalan baru saja oleh Gubernur yaitu Jalan Tol Bandung Subang, baru itu namanya solusi untuk mengurai kemacetan di Jalur Wisata, mulai dari Subang-Kota hingga ke Lembang Bandung Barat. 

Jalan tol itu, yang saya anggap menjadi salah satu solusi pemerintah, untuk menyelesaikan persoalan kemacetan antara Subang-Bandung Barat selama ini,” pungkas Eep.