nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

HEBAT ! USULAN TES SWAB CORONA BUPATI SUBANG DIRESPON CEPAT KADINKES JABAR

dr. Berli Hamdani KADINKES JABAR

dr. Berli Hamdani KADINKES JABAR

Nilanews.com _ Siapa sangka tes SWAB corona bisa langsung dilaksanakan di Kabupaten Subang, mungkin masyarakat masih bertanya-tanya, dimana tempatnya dan apakah memang benar?

Kabar tersebut bukan merupakan kabar burung, melainkan secara resmi diusulkan oleh Bupati Subang kepada Pemprov Jabar tentang adanya Balai Veteriner  di Werasari Subang yang dimungkinkan bisa digunakan untuk melakukan SWAB test, selain itu bi Nina, Anggota DPRD Jabar dari Partai NasDem,  menginformasikan melalui telpon tentang keberadaan Balai Veteriner kepada Kadinkes Jabar, dr. Berli Hamdani.

Selang sehari setelah Bupati Subang menyampaikan usulan, Kadinkes Jabar merespon cepat dengan mengirimkan tim Labkesda Jabar untuk melihat langsung Balai Veteriner di Subang dan setelahnya langsung diusulkan ke Pusat agar Balai Veteriner Subang diakui untuk digunakan sebagai lab SWAB test corona sebagaimana disampaikan dr. Berli kepada bi Nina dalam pesan whatsappnya.

Atas respon cepat Kadinkes Jabar, Bupati Subang sangat berterima kasih dan berharap bisa secepatnya Balai tersebut dapat digunakan sehingga penanganan corona di Subang efektif dan efisien, tidak seperti sekarang ini harus menunggu lama hasil SWAB yang berpengaruh negatif terhadap penanganan pasen terindikasi corona, selain cukup membuat lelah para petugas medis.

Menanggapi adanya Balai Veteriner di Subang, dr. Ahmad, Dirut RSUD Subang, menyampaikan, bahwa keberadaan Balai tersebut merupakan anugerah, dan kalau Pusat bisa secepatnya merespon usulan Pemprov Jabar, maka tes di Subang bagi warga Subang tidak harus menunggu lebih dari satu minggu, karena yang lama bukan tesnya melainkan antrian panjangnya. Sedangkan Kepala Balai belum bisa memberikan keterangan, kecuali kalau sudah menjadi keputusan resmi.

Bahwa untuk diketahui, Departemen Pertanian Ditjen Peternakan & Kesehatan Hewan membangun Balai Veteriner Subang Laboratorium Penyidikan dan Pengujian Veteriner untuk cakupan wilayah kerja Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta yang dibangun pada Tahun 2008 sebagai akibat dari adanya avian influenza pada tahun 2003 yang mengakibatkan banyak kematian unggas dan bahkan bisa menulari manusia. Balai yang beralamat di Jalan Terusan Garuda Blok Wera Sari Dangdeur Subang tersebut diresmikan Menteri Pertanian 12 Agustus tahun 2009 dan merupakan hibah dari Pemerintah Jepang, sebelumnya dibawa oleh Mantan Kadis Peternakan Subang yang pindah kerja ke Departemen Pertanian kepada Bupati Subang pada saat itu, mang Eep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *