nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

*Kolaborator kebaikan.id selenggarakan Kolab Talk #1*

(Cirebon, 12 Juli 2020) Dalam rangka memberikan kontribusi untuk negeri terhadap permasalahan pendidikan dan sosial selama masa pandemik, Kolaborator Kebaikan.ID yang merupakan kolaborasi pemuda dan mahasiwa IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan kegiatan Kolabs Talks #1 yang ditunjukkan kepada pelajar khususnya di jenjang Sekolah Menengah Atas sederajat dan Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Kegiatan yang mengusung tema “Perspektif Generasi Muda Membangun Moral dan Urgensi Kepedulian Selama Masa Pandemik” diadakan pada hari Minggu, 12 Juli 2020 pukul 13.00 s.d 15.00 WIB melalui salah satu platform teknologi yaitu aplikasi Google Meeting.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah seminar dan edukasi tentang pentingnya membangun moral dan kepedulian selama masa pandemik dilihat dari dua sudut pandang yakni sudut pandang pendidikan dan sosial.

Selain itu kegiatan ini berusaha membangkitkan semangat critical thinking generasi muda dalam melihat problematika lingkungan sekitar sehingga dapat memberikan kontribusi melalui action plan secara nyata yang berdampak bagi dunia pendidikan dan sosial.

Ketua BEM UI 2019 Manik Marganamahendra dan Ketua SEMA IAIN Syekh Nurjati Cirebon periode 2020-2021 menjadi pemateri dalam kegiatan ini. Manik dalam presentasinya menjelaskan tentang Pandemic And Humanity’s Challenge. Sedangkan Rohmawan menjelaskan tentang Fenomena Sosial di tengah Pandemik Ditinjau dari Sudut Pandang Tindakan Manusia dan Tatanan Moral Subyektif. “Pandemi adalah momentum yang akan menakar nilai kemanusiaan kita. Khususnya bagi orang-orang yang diberkahi dengan privilisenya. Apakah akan bertahan untuk diri sendiri atau mau mulai berserikat, bersolidaritas dan bergotong royong sebagai bentuk pemaknaan utama menjadi lebih dari sekadar manusia yang baik tapi sebaiknya-baiknya manusia.” Papar Manik.

Kegiatan ini diikuti 80 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti Cirebon, Jakarta, Riau, Sulawesi Selatan, Bogor, Depok, Tanggerang, Karawang dan Garut. ” Ini adalah bukti kongkrit bahwa generasi muda kini saatnya berkolaborasi dengan harus memiliki keinginan tinggi untuk senantiasa menjadi pembelajar dimanapun dan kapanpun, serta penting untuk memberikan sentuhan kontribusi kepada Indonesia melalui inisiatif kolektif yang dilakukan untuk proses mengembangkan diri selama pandemik, dan menebar kebaikan”. Kata Omar Qad Panity, pendiri dan CEO Kolaborator Kebaikan.ID.

Seluruh peserta mengikuti kegiatan Kolabs Talks #1 dengan sangat antusias dan kegiatan ini memiliki sesi diskusi dimana peserta bisa bertanya dan mengemukakan pendapatnya tentang tema yang kita usung. Menurut Rizal Adimas, peserta dari Bojonegoro kegiatan ini keren dan menarik sekali, “Acaranya sangat menarik dan keren, diisi dengan pemateri yang keren juga dan materinya sangat bermanfaat. Pesan saya untuk kolaboratorkebaikan yaitu saya minta untuk membuat acara yang menarik lagi dengan pemateri yang keren lagi juga, ditunggu kolabs selanjutnya” tutur Rizal.

Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat positif dari berbagai pihak dan didukung oleh media dan event partner seperti, ,Forum OSIS DKI Jakarta, ActiviZ, Student Leadership Forum, The Young Milennials, Yaum Cirebon, Koalisi Muda Kependudukan, centennialz.id, studentjktforum, Putaran.ID, Ruang_Visioner dan Cirebonevent.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan moral dan dapat membangkitkan semangat kepedulian generasi muda dalam perspektif pendidikan dan sosial. Dan kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi role model dalam kegiatan serupa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *