nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

MANTAP!! TK SE KECAMATAN KASOMALANG IKUTI PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Nilanews.com_ Subang- Penilaian PKKS di Kecamatan Kasomalang bertempat di TK Al Mudatsir dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2020 oleh pengawas yang telah ditunjuk oleh dinas pendidikan. Adapun nama penilai dalam PKKS ini adalah Ibu Patimah Saodah, S.Pd. Beliau menuturkan bahwa Penilaian Kinerja Kepala Sekolah adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala sekolah. Tugas pokok kepala sekolah adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah yang dipimpinnya. Kinerja kepala sekolah TK dinilai oleh pengawas TK.

Adapun Tujuan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah adalah:

  1. Memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya.
  2. Memperoleh data hasil pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai peminpin sekolah.
  3. Menentukan kualitas kerja kepala sekolah sebagai dasar dalam promosi dan penghargaan yang diberikan kepadanya.
  4. Menentukan program peningkatan kemampuan profesional kepala sekolah dalam konteks peningkatan mutu pendidikan pada sekolah yang dipimpinnya.
  5. Menentukan program umpan balik bagi peningkatan dan pengembangan diri dan karyanya dalam konteks pengembangan karir dan profesinya.

Perangkat utama penilaian terdiri atas dua jenis, yaitu instrumen dan rubrik penilaian. Adapun teknik penjaringan data yang membuktikan bahwa kepala sekolah melaksanakan kegiatan dapat menggunakan teknik pengamatan, wawancana, dan studi dokumen. Sumber data yang dapat menunjang keberhasilan PKKS dapat berupa penjelasan kepala sekolah mengenai profil sekolah, bahan presentasi kepala sekolah, bukti fisik berupa foto ataupun sarana prasarana, dokumen yang mendukung pengakuan kepala sekolah, hasil wawancara dengan pendidik atau tenaga kependidikan.

“Kegiatan PKKS ini berlangsung sangat lancar tanpa ada kendala yang berarti. Kegiatan dimulai pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 12.00. Banyak pengetahuan dan pengalaman selama kegiatan berlangsung dimana dari tim penilai selain menilai juga memberikan masukan kepada warga sekolah tentang peningkatan mutu dalam pengelolaan sekolah.” Ungkap Aan Hasanah, S.Pd (Ketua IGTKI Kecamatan Kasomalang)

Masih kata Aan, PKKS tahun ini merupakan yang pertama untuk tingkat taman kanak-kanak di Kecamatan Kasomalang. Dan Alhamdulillah dari 17 Kepala Sekolah TK, 16 Kepala Sekolah turut mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada penilai yang telah melakukan penilaian, dan semoga mendapatkan nilai yang terbaik. Namun paling penting adalah program-program terlaksana sesuai dengan yang diharapkan walaupun kita ketahui dimasa pandemi dalam menjalankan roda pendidikan masyarakat dan siswa harus dapat terlayani dengan sebaik-baiknya.” Ungkap Afif Nurseha, M.Pd (Kepala TK Plus An-Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *