nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

“NEGATIF” HASIL TES RAPID ANTIGEN 600 ORANG SANTRI PESANTREN PAGELARAN III CISALAK SUBANG

Nilanews.com_ Subang,- Pondok pesantren Pagelaran 3 Cisalak Subang menggelar tes rapid anti gen kepada seluruh santri, Ustadz, dan seluruh staf yang bekerja di lingkungan pesantren Pagelaran III pada tanggal Sabtu dan Senin tanggal 26,28 /12/2020 kemarin. Hal ini lakukan untuk mencegah penyebaran virus covid – 19 setelah Pesantren Pagelaran III melaksanakan liburan semester ganjil. Sebanyak 600 orang telah di tes rapid antigen oleh petugas tim medis dari puskesmas Cisalak dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Subang yang di awasi oleh Satgas Covid 19 Kabupaten Subang.

“Kita berkomitmen untuk mencegah dari segala kemungkinan tersebarnya virus covid 19 ke pesantren, dan bagi kami kesehatan dan keselamatan santri adalah yang utama setelah mereka liburan semester”, Ujar H.Arie Gifary Pengurus Pesantren Pagelaran III di sela – sela pemeriksaan tes rapid anti gen kepada santri.

Dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan Tim Gugus Covid-19, pemeriksaan dilakukan di Gedung Serba Guna (GSG) didampingi langsung ketua Satgas Covid-19 Pesantren Pagelaran 3, Satgas Covid 19 Kab. Subang, Dinas Kesehatan Kab.Subang Serta tim medis dari Puskesmas Cisalak.

“Sebelumnya satgas covid 19 Pesantren Pagelaran III menyampaikan informasi
kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat bahwa akan dilaksanakan rapid anti gen untuk para santri dan guru di Pesantren Pagelaran III, kemudian dengan respon cepat Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan koordinasi dengan Satgas Covid 19 Jabar untuk pengadaan alat rapid anti gen yang diberikan secara gratis untuk santri Pagelaran III,” ujar dr H. Agus Yulianto sebagai ketua satgas covid 19 Pesantren Pagelaran III.

“Terimakasih, kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi dalam hal ini Bapak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah memberi perhatian besar kepada dunia Pendidikan Khususnya Pesantren terlebih kepada Pondok Pesantren Pagelaran 3 Cisalak,” ujar H.Dandy Sobron Pengasuh Pesantren Pagelaran III.

Sebanyak 600 orang santri dan guru dinyatakan negative hasil dari tes rapid anti gen. Ikhtiar ini kami lakukan demi citra baik pesantren bahwa pesantren harus menjamin keamanan resiko penularan terhadap santri dimulai dari kepastian para guru dan stafnya bebas Covid-19,” Ujar Arie

Sementara, Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dan Satgas Covid 19 Kabutepanten Subang, Puskesmas Cisalak menyambut baik ikhtiar dan inisitaif Ponpes Pagelaran 3 sebagai pondok pesantren yang pertama kali menggelar rapid tes antigen untuk seluruh santri dan guru, semoga ini menjadi motivasi dan rujukan kepada pesantren lain. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *