nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

PELEPASAN KAFILAH KABUPATEN SUBANG STQH XVII TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2021

nilanews.com_ Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si melaksakan pelepasan Kafilah Kabupaten Subang STQH XVII tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 yang diselenggarakan di Bandung tanggal 25-30 Agustus 2021 di Kantor LPTQ Kabupaten Subang, Jumat (27/8/2021)

STQH tingkat Jabar merupakan rangkaian persiapan guna menghadapi STQ tingkat nasional yang juga digelar tahun ini di Maluku Utara. Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional akan digelar pada Oktober 2021. Maluku Utara akan menjadi tuan rumah ajang yang selama ini berlangsung dua tahun sekali.

Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke 17 tingkat Provinsi Jawa Barat, kembali digelar pada tanggal 25-30 Agustus 2021. Pelaksanaan STQH tahun ini dilaksanakan dengan pola hybrid dan offline, yang diikuti oleh 540 lebih khalifah dari 27 Kota Kabupaten se Jabar. Subang menjadi salah satu kabupaten yang berpartisipasi dengan 14 orang peserta.
Asisten Daerah 1, H. Rahmat Effendi yang juga sebagai ketua umum LPTQ Kabupaten Subang menjelaskan kesiapan untuk STQH Provinsi Jawa Barat bahwa ada tujuh seleksi yang akan di ikuti yakni MHQ 30 Juz Putra & Putri, MHQ 20 Juz Putra & Putri, MHQ 10 Juz Putra & Putri, MHQ 5 Juz Putra & Putri, MHQ 1 Juz Putra & Putri, TIL Dewasa Putra & Putri, TIL Anak Putra & Putri.

Dr. H Agus Sutisna Kepala Kemenag Kabupaten Subang yang turut hadir pada kesempatan tersebut, menyampaikan dukungan penuh kegiatan LPTQ untuk STQH Tingkat Provinsi Jawa Barat. Kementrian Agama akan terus Bersinergi dengan pemerintah daerah terkait pendidikan keagamaan dan juga pelayanan khusus dibidang keagamaan.

Sementara itu Sekretaris Daerah yang mewakili Bupati Subang, memberikan sambutan dalam acara pelepasan peserta STQH tingkat provinsi. Serta memberikan ucapan terima kasih kepada ketua LPTQ Kabupaten Subang beserta jajarannya yang telah berupaya menyiapkan peserta STQH, bukan hal yang mudah untuk mempersiapkan, membimbing dan membangun para peserta untuk bisa ikut seleksi tingkat provinsi ditengah kondisi pandemi yang berkepanjangan. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kabupaten Subang tersendiri serta peserta dapat diharapkan mengikuti seleksi dengan lancar dan mampu membawa nama baik Kabupaten Subang ke tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. Namun untuk STQH kali ini, Kabupaten Subang belum bisa mengirimkan peserta seleksi hadist, ini merupakan PR bagi semua, karena banyak pesantren yang ada di Kabupaten Subang diharapkan dapat mendidik anak-anak yang mampu menguasai dan menghafal hadist. Terkait hal ini LPTQ bisa bekerjasama lagi dengan pesantren-pesantren untuk menyiapkan calon-calon peserta STQH khususnya untuk Hadist.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *