nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

Sekda Dan OPD Subang Siap Buka APBD Sampai RAB, Tunggu Instruksi Bupati

Nilanews.com_ Kadis Kominfo mengatakan, bahwa terkait pembukaan APBD, DPA sampai tingkat RAB tidak memerlukan sistem baru dan Diskomimfo sudah siap melaksanakan penginputan data dari semua OPD untuk ditayangkan secara terbuka kepada umum pada website Pemkab Subang, tinggal menunggu instruksi Bupati.

Kesiapan Diskominfo tersebut sejalan dengan analisa banyak ahli IT karena dokumen anggaran APBD, DPA dan RAB seluruh kegiatan termasuk biaya rutin sudah secara rutin dibuatkan oleh masing-masing OPD sehingga kalau harus dimasukkan pada website Pemkab Subang prosesnya sangat sederhana, tinggal copy paste.

Disampaikan oleh Hj. Amin, Sekda Subang, bahwa berkaitan dengan adanya kesiapan Diskominfo dari sisi teknis tentang penayangan APBD sampai RAB pada website Pemkab Subang, dirinya akan menyampaikan kepada Bupati agar segera menginstruksikan kepada seluruh OPD supaya membuka lebar-lebar transparansi anggaran demi memenuhi janji politiknya, “Sekda beserta OPD terkait siap melaksanakan secara teknisnya,” ungkap Sekda Subang.

Dikonfirmasi melalui pesan WA, Bupati Subang mengatakan, bahwa pada tanggal 3 Agustus 2019 semua OPD diinstruksikan kesekian kalinya sebagai penegasan kembali bagi persiapan transparansi anggaran.

Saat Bupati Subang dikonfirmasi melalui telpon WA-nya berkaitan dengan kapan waktu pelaksanaan akan dimulainya transparansi anggaran APBD sampai RAB pada website Pemkab Subang, Bupati belum memberikan jawaban sampai berita ini diterbitkan.

Bahwa untuk menjadi maklum, ide gagasan membuka APBD, DPA sampai RAB pada website Pemkab Subang datang dari Eep Hidayat, Ketua DPD NasDem Subang.

Pemikiran itu dilatarbelakangi sulitnya masyarakat mendapatkan akses transparansi anggaran sekalipun UU KIP sudah diterbitkan Pemerintah sehingga masyarakat sulit berpartisipasi dalam pengawasan pembangunan, bahkan sampai unras digelar pun Pemkab Subang bersikukuh tidak mau memberikan KIP sampai tingkat RAB.

Saat kampanye Pilkada Subang digelar, Eep menyodorkan ide gagasan tersebut yang diterima H. Ruhimat, Calon Bupati Subang pada saat itu.

Apabila Pemkab Subang membuka APBD sampai tingkat RAB dalam website Pemkab Subang, maka akan menjadi lingkungan pemerintahan pertama di Indonesia yang berani melakukan transparansi publik tidak setengah hati.

Bahwa untuk menjadi maklum pula, belum ada satu Daerah pun di Indonesia yang berani membuka APBD sampai tingkat RAB dalam websitenya, demikian pula belum berani dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bahkan oleh lembaga hukum dan lembaga pemeriksa keuangan seperti KPK, Kejaksaan, Kepolisian, Mahkamah Agung, BPK RI, BPKP dan seluruh kementrian di Indonesia.

Eep yakin, dari Subang KIP yang tidak setengah hati akan dipancarkan ke seluruh Indonesia melalui ide gagasannya, “ide gagasan tersebut saya sumbangkan untuk bangsa dan negara demi Indonesia bersih yang tidak setengah hati, karena selama ini kalau jajaran Pemerintah bicara transparansi anggaran diindikasikan baru sebatas bibir (Lips service), belum sepenuh hati. Dan berkaitan waktu pelaksanaan menurut saya, lebih cepat lebih baik, apalagi Diskominfo Subang sudah sangat siap secara teknis pelaksanaan,” kata Eep sambil berharap Bupati Subang segera menginstruksikan waktu pelaksanaannya kepada seluruh OPD Subang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *