nilanews.com

Fokus Dan Tuntas

SIARAN PERS PERKEMBANGAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 KABUPATEN SUMEDANG

SUMEDANG, NILANEWS.COM–Siaran pers perkembangan pencegahan penyebaran covid 19 Kabupuataen Sumedang. Situasi dan kondisi hari ini sampai dengan pukul 16.00 WIB, masih perlu diwaspadai. Adapun perkembangan lengkapnya. Senin, Jln. Prabu Gajah Agung No. 9, IPP Pemkab Sumedang. (04/05)

Berdasarkan Polymerase Chain Reaction (SWAB) 5 orang (Pasien asal 

Kecamatan Sumedang Selatan 1 orang, Jatinangor 3 orang dan 

Cimanggung 1 orang) dari total 6 orang terkonfirmasi dengan keterangan 1 

orang diantaranya telah selesai/sembuh (Pasien asal Kecamatan 

Darmaraja). Jelas Iwa Kadis Kominfokonsanditik Sumedang

Sedangkan, “Rapid Test Positif (diduga Covid-19) sekarang 19 orang dengan keterangan pasien asal Kecamatan Conggeang 2 orang, Tanjungsari 1 orang, Cimalaka 1 orang, Ujungjaya 8 orang, Buahdua 6 orang, dan Pamulihan 1 orang, dari total 36 orang dengan hasil Rapid Test Positif, 17 orang diantaranya telah dinyatakan pulang/selesai, sebab Positif Rapid Test belum tentu positif Covid-19, maka akan dilanjutkan dengan uji PCR/SWAB,” ujar Iwa

“Dari jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan pasien Rapid Test Positif 

jumlahnya dipisahkan dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP), agar tidak 

terjadi duplikasi data,” Sambung Iwa

Lebih lanjut, “PDP) 4 orang dari total 46 orang, dengan rincian pasien asal Kecamatan Cimanggung 1 orang, Pamulihan 1 orang, Paseh 1 orang dan Tanjungsari 1 orang. Sebanyak 42 PDP diantaranya telah selesai menjalani perawatan, ODP sendiri ada 41 orang dari total 910 ODP dimana 869 orang diantaranya telah selesai menjalani masa pemantauan, selain itu orang dalam resiko (ODR) 4.142 orang dari hari sebelumnya yang berjumlah 4.608 orang, dan orang tanpa Glgejala (OTG) : 57 orang,” 

Saat ini, berdasarkan data tanggal 4 Mei 2020, hingga Pukul 15.00 WIB jumlah ODR terus mengalami penurunan secara signifikan dibanding hari sebelumnya yaitu turun sebanyak 466 orang, terus turunnya jumlah ODR ini tidak terlepas dari pemberlakuan PSBB Kabupaten Sumedang dan kebijakan larangan untuk mudik dari pemerintah pusat sehingga mampu menekan jumlah pemudik yang datang,”

“Usainya masa isolasi mandiri 14 hari bagi orang pulang kampung ke Sumedang yang telah datang dalam beberapa interval waktu.

Sementara itu warga masyarakat yang pulang kampung dan telah berada di 

Kabupaten Sumedang yang saat ini berstatus ODR yakni tinggal berjumlah 4.142, dari jumlah ini, seluruhnya masih berada dalam masa 14 hari menjalankan isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing,”

“Menurut data hasil rapid test yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan sampai dengan tanggal 4 Mei 2020

a. Selesai Rapid Test : 2.509 orang;

b. Selesai Rapid Tes ulang : 85 orang.

Hasil Rapid Test yang dilaksanakan secara masif dari tanggal 28 – 4 Mei 2020, dilakukan terhadap sebanyak 916 orang, dengan hasil yaitu sebanyak 900 orang negatif dan 16 orang lainnya positif. 

Selanjutnya, kepada seluruh warga Sumedang agar dapat mematuhi seluruh aturan pada saat pemberlakuan PSBB di Kabupaten Sumedang, dengan tetap 

tinggal di rumah saja, memakai masker bagi yang harus keluar rumah, sering 

mencuci tangan menggunakan sabun dan menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat.

Demikian, kepada seluruh warga Kabupaten Sumedang agar tetap tenang dan jangan panik, selanjutnya kami sampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1441 Hijriah bagi umat muslim warga Kabupaten Sumedang yang menjalankannya, mari kita laksanakan ibadah puasa tahun ini dengan sabar, penuh ikhtiar dan senantiasa berdoa kepada Tuhan YME memohon terhindar dari segala marabahaya dan wabah virus yang tengah menjangkit dunia ini segera berakhir, Aamiin (Deni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *